Tentang Kami

Golkar News adalah situs resmi Media Center DPD Golkar Kota Pekanbaru yang difungsikan sebagai sumber informasi kegiatan Partai Golkar serta organisasi sayap, baik tingkat nasional, provinsi dan daerah kabupaten/ Kota, khususnya Kota Pekanbaru.

Situs ini juga dikembangkan sebagai pendukung keterbukaan informasi publik sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik

Pentingnya keterbukaan publik adalah perwujudan partisipasi dan penyelenggaraan lembaga publik yang transparan, efektif, efisien, dan akuntabel. Kemudian, keterbukaan publik merupakan hak asasi dari setiap warga negara. Maka dari itu, publik berhak memperoleh informasi, salah satunya mengenai proses kebijakan publik, anggaran, pengawasan dan evaluasinya.

Dengan adanya keterbukaan tersebut, masyarakat dapat mengetahui sejauh mana kinerja pemerintah serta menilai kesesuaian harapan dan kepentingan publik. Selain itu, masyarakat dapat mengetahui pula tentang keberpihakan pemerintah terhadap pelayanan publik sehingga dapat memberikan sikap terhadap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

Merujuk pada penjelasan sebelumnya bahwa transparansi sangat penting diwujudkan pada pelayanan publik. Ada satu asas lagi yang saling berkaitan dengan transparansi atau dapat dipahami sebagai implikasi positif dari transparansi, yaitu partisipasi. Pada era modern ini, masyarakat memiliki kebebasan dalam bertindak dan bernegara dengan keterbukaan informasi publik melalui berbagai kanal. Positifnya adalah masyarakat saat ini dapat aktif dan kritis dalam mengawasi perilaku pemerintah yang diwujudkan secara halus dalam dialog publik maupun demontrasi. Meskipun, tidak serta merta partisipasi harus dilakukan secara anarkis. Masyarakat perlu memahami pula tentang sikap apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam melakukan pengawasan pada pelayanan publik.

DPD Partai Golkar Kota Pekanbaru sebagai salah satu lembaga publik, berusaha untuk mewujudkan transparasi publik dan salah satunya dengan membangun, mengelola serta mengembangkan situs GolkarNews ini disertai sejumlah akun pada platform media sosial seperti Fans page Facebook, Instagram dan Twitter.

Tujuan lainnya, adalah untuk mempermudah pendistribusian informasi kepada masyarakat dan tetap menjaga interaksi sosial melalui terhadap seluruh simpatisan Partai Golkar secara virtual.