Syamsuar Disambut Meriah di Sialang Sakti, Ratusan Warga Rindu Kepemimpinannya

PEKANBARU – Dalam suasana penuh kehangatan, Drs. H. Syamsuar, M.Si., yang pernah menjabat sebagai Gubernur Riau periode 2019-2023 dan Bupati Siak selama dua periode sejak 2011 hingga 2019, menggelar silaturahmi dengan ratusan masyarakat RW 06 Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya. Acara tersebut dihadiri pula oleh Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau Parisman Ikhwan, Sekjen Golkar Pekanbaru Roni Amriel, dan Anggota DPRD Pekanbaru Sovia Septiana.

Dalam pertemuan tersebut, warga dengan antusias menumpahkan seluruh keluhan mereka kepada Syamsuar. Berbagai isu seperti pendidikan, banjir, dan pembangunan drainase menjadi sorotan utama. Tampak jelas di wajah masyarakat, kerinduan akan kepemimpinan Syamsuar yang pernah mereka rasakan manfaatnya.

Bacaan Lainnya

Syamsuar, yang dikenal dengan gelar Datuk Serisetia Amanah, merasa sangat bahagia dengan sambutan hangat yang diberikan oleh masyarakat. Selama masa jabatannya, ia banyak meluncurkan program-program yang membantu masyarakat, seperti program Berobat Gratis bagi masyarakat kurang mampu yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pekanbaru membayarkan premi BPJS Kesehatan. Program ini didanai oleh APBD Riau sebesar 55 persen dan APBD Pekanbaru sebesar 45 persen.

Dalam sambutannya, Syamsuar menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Pekanbaru yang telah mendukungnya sehingga ia terpilih sebagai Anggota DPR RI perwakilan Riau dengan perolehan suara terbanyak pada pemilu 2024. “Pekanbaru merupakan pemilih terbanyak kedua dari tujuh kabupaten kota, dan saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Pekanbaru,” ujarnya.

Namun, kabar yang paling dinanti-nantikan akhirnya diumumkan. Syamsuar menyatakan niatnya untuk kembali maju sebagai calon Gubernur Riau. “Banyak masyarakat yang meminta saya untuk kembali menjadi Gubernur Riau. Dukungan dari para tokoh masyarakat inilah yang membuat saya memutuskan untuk maju kembali,” ungkapnya dengan penuh keyakinan.

Syamsuar menjelaskan bahwa dalam Partai Golkar, syarat untuk maju kembali untuk dua periode adalah memenangkan Pileg 2024. “Alhamdulillah, syarat yang diminta oleh DPP Golkar sudah berhasil kita raih,” tambahnya.

Jika terpilih kembali, Syamsuar berkomitmen untuk fokus pada peningkatan kualitas pendidikan di Riau. Menurutnya, meskipun Riau memiliki sumber daya alam yang melimpah, kualitas sumber daya manusia masih perlu ditingkatkan. Syamsuar bertekad untuk memperbaiki pendidikan di Riau agar anak-anak Riau dapat mengelola sumber daya alam dengan lebih baik. Salah satu langkah yang telah ia ambil adalah menggratiskan pendidikan SMA dan memberikan beasiswa untuk pendidikan hingga jenjang S1, S2, dan S3, bahkan ke luar negeri.

Selain pendidikan, Syamsuar juga berupaya untuk mengaktifkan Kawasan Industri Tenayan Raya yang hingga kini belum optimal. “Dengan dibukanya kawasan ini, banyak anak-anak Pekanbaru yang akan mendapatkan lapangan pekerjaan,” jelasnya.

Dalam hal infrastruktur, selama menjabat sebagai Gubernur Riau, Syamsuar telah membangun 36 titik jalan di Kota Pekanbaru dengan menggunakan anggaran APBD Riau melalui Bantuan Keuangan (Bankeu). “Kota Pekanbaru mengalami persoalan terkait dengan anggaran yang minim, sehingga kita bantu melalui Bankeu,” ujarnya.

Ketika ditanya tentang calon pendampingnya, Syamsuar dengan tegas menyatakan bahwa ia akan berpasangan dengan Ustadz Mawardi Saleh, seorang tokoh agama dan kader dari Partai Keadilan Sejahtera. Pernyataan ini disambut dengan tepuk tangan meriah dari masyarakat yang hadir.

Acara diakhiri dengan sesi foto bersama, di mana masyarakat berdesak-desakan untuk bisa berfoto dengan calon Gubernur Riau, Syamsuar. Keceriaan dan harapan yang terpancar dari wajah warga menjadi bukti bahwa Syamsuar masih sangat dirindukan dan diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi Riau ke depannya.

Pos terkait