Pemilihan Suara Ulang, Istri Mantan Bupati Tetap Menang di Pilkada Indragiri Hulu

  • Whatsapp
Bawaslu memantau PSU di Inhu. (f: merdeka.com)

RENGAT – Istri mantan Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi yang berpasangan dengan Junaidi Rachmat menjadi pemenang di Pilkada Indragiri Hulu. Meski paslon dengan jargon Rajud itu hanya memperoleh 93 suara dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Desa Ringin, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

Paslon nomor urut 2 yang diusung partai Golkar-NasDem ini memperoleh suara terbanyak di pilkada tersebut. Pemilihan ini menggantikan Bupati Inhu sebelumnya Yopi Arianto. Masa jabatan Yopi sudah habis 2 periode, kemudian istrinya Rezita ikut pemilihan.

Bacaan Lainnya

Dalam PSU tersebut, suara terbanyak memang diperoleh paslon nomor urut 5 Zamzami-Yoghi Susilo (Ridho). Paslon yang diusung PKS- PKB itu memperoleh 198 suara. Meski begitu, selisih perolehan suara itu belum dapat mengungguli total perolehan suara Paslon nomor urut 2 di pilkada Inhu itu.

Sedangkan paslon Nurhadi – Toni Sutianto memperoleh 1 suara, paslon nomor urut tiga, Siti Aisyah – Agus Rianto memperoleh 1 suara. Sedangkan paslon nomor urut empat Irjen Pol (Purn) Wahyu Adi – Supriati (BWS) meraih 1 suara.

Ketua KPPS TPS 03 Desa Ringin Edi Suardi mengatakan jumlah suara yang digunakan dalam PSU tersebut sebanyak 296 surat suara. Jumlah itu termasuk satu suara yang dinyatakan tidak sah.

“Jumlah total DPT ada 324 surat suara. Namun ada 29 orang yang tidak menggunakan hak pilihnya jadi jaya ada 296 surat suara,” kata Edi, Rabu (21/4), sebagaimana dilansir merdeka.com.

PSU itu sendiri dipantau Gubernur Riau Syamsuar dan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum, Abhan. Keduanya didampingi Pj Bupati Inhu, Chairul Riski pejabat lainnya.

“Pak Gubernur Riau tadi bersama dengan Forkopimda Riau dan Ketua Bawaslu Pusat meninjau pelaksanaan PSU di TPS 03 Desa Ringin. Bahkan rombongan hadir sejak awal. Sehingga melihat secara keseluruhan pelaksana PSU tersebut,” kata Riski kepada merdeka.com.

Pengacara paslon Rajud, Asep Ruhiat mengaku bersyukur atas kemenangan tersebut. Pengacara kondang di Riau itu mengatakan, kemenangan kliennya merupakan bentuk kemenangan masyarakat Indragiri Hulu.

“Kita bersukur kepada Allah atas kemenangan ini. Ini juga kemenangan masyarakat Inhu dengan terpilihnya ibu Rezita dan bapak Junaidi,” ucap Asep.

Asep mengatakan dari awal pihaknya sudah yakin memenangkan pilkada tersebut. Namun, pihaknya tetap menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memutuskan untuk PSU di TPS 03 desa Ringin, Kecamatan Batang Gangsal, Kabupaten Inhu.

“PSU ini sangat luar biasa, walaupun hanya 1 TPS tapi para pejabat pada datang. Mulai dari Pak Gubernur Riau, Kapolda Riau, Danrem, Kejati, Kejari, Ketua PN bahkan juga Ketua Bawaslu RI dan sebagainya,” kata Asep.

Menurut Asep, hal yang paling membahagiakan yakni saat Paslon nomor urut 2 mencapai hitungan 10. Banyak pihak mengucapkan selamat terutama dari pihak lawan.

“Mereka berlapang dada atas kemenangan Rajud ini. Hal ini benar-benar memerlukan perjuangan yang sangat panjang dan Alhamdulillah sesuai harapan,” tandasnya.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *