IndexPolitica: Golkar-Demokrat Dapat Trend Positif dari Kasus Menteri KKP dan Mensos

Massa Partai Golkar. (f: internet)

JAKARTA – Direktur Eksekutif IndexPolitica, Denny Charter menyebutkan bahwa Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan masih berada di posisi pertama dari hasil survei nasional yang dilakukan pada 18-28 Januari 2021 terhadap persepsi masyarakat mengenai kondisi sosial politik Indonesia.

Menurut dia, elektabilitas partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu memperoleh sebesar 15.5 persen dipilih masyarakat, yang kemudian diikuti Partai Golkar dan Partai Gerindra.

“Untuk elektabilitas partai ketika responden ditanya, jika pemilu dilakukan hari ini, partai apa yang bapak ibu saudara akan pilih, hasilnya 15.5 persen memilih PDIP, 13.7 persen mimilih Golkar, 12.1 persen memilih Gerindra,” kata Denny dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu (7/2/2021).

Sementara itu, Partai Demokrat memperoleh 11.8 persen atau menempati posisi keempat sebagai partai yang dipilih oleh masyarakat.

“11.8 persen memilih Demokrat, 5.1 persen memilih PKS, 4.1 persen memilih Nasdem, 3.2 persen memilih PKB, 2.3 persen memilih PAN, 2.3 persen memilih PSI, 1.3 persen memilih PPP, 1.3 persen memilih PBB. Sednagkan 26.2 persen tidak menjawab dan sisanya adalah memilih partai lainnya,”papar dia.

Dalam kesempatannya itu, sambung Denny mengungkapkan bahwa ada trend negative untuk elektabilitas PDIP dan Gerindra dan trend positif yang diperoleh untuk Partai Golkar dan Parta Demokrat.

“Diantaranya ini adalah imbas issue korupsi di kementrian Jokowi yakni Korupsi Menteri KKP dan Korupsi di Kementrian Sosial. (Sedangkan) Golkar dan Demokrat menerima efek positif dari dua issue negative menimpa PDIP dan Gerindra,” pungkasnya, dilansir beritabuana.co.

Untuk diketahui, lembaga IndexPolitica melakukan survey untuk mengukur persepsi masyarakat terhadap issue sosial dan politik nasional saat ini. Pengumpulan data Survey dilakukan dari tanggal 18 Januari sd 28 Januari 2021 dengan 1610 responden. Sementara itu, metode yang di gunakan adalah Multistage Random Sampling melalui wawancara langsung dengan tingkat kepercayaan 95% dan margin of error kurang lebih 1.6 %.***

Pos terkait