Politisi Partai Golkar Ini Sebut Irjen (Pol) Agung Setya Imam Efendi Sosok Tepat Jadi Kabareskrim

Ketua Komisi IV DPRD Riau, Parisman Ikhwan. (f: internet)

PEKANBARU_Pasca ditinggal Komjen Listyo Sigit Prabowo yang bakal dilantik sebagai Kapolri pada Rabu (27/1/2021) usai dirinya mendapat persetujuan dari mayoritas anggota komisi III DPR RI dalam sidang paripurna pekan lalu.

Berbagai spekulasi berkembang terkait jabatan Kabareskrim Polri. Sebab, sangat pasti jabatan ini merupakan posisi strategis sebagai penentu arah kebijakan di tubuh Polri.

Bacaan Lainnya

Menarik disimak saat sejumlah tokoh di Riau memberikan apresiasi khusus terhadap Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi hari-hari ini.

Parisman Ihwan, SE. Ketua Komisi IV DPRD Riau misalnya pada Senin (25/1/2021) menyebut, Irjen Pol Agung sangat tepat menduduki posisi itu. Irjen Pol Agung kata Parisman dianggap mumpuni untuk memimpin Kabareskrim Polri.

Bukan tanpa alasan, selama memimpin Polda Riau sejak September 2019, Irjend Agung telah memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Riau kata Parisman dikutip dari Aktualdetik.

“Sejak bertugas di Riau tahun 2019 lalu, banyak prestasi yang sudah beliau torehkan,” kata Parisman yang juga menjabat sekretaris Fraksi Golkar, sebagaimana dilansir okeline.com.

Sebutnya lagi,” pemberantasan narkoba, Ilegal logging, dan kejahatan lainnya. Baru-baru ini, pengamanan pilkada di 9 Kabupaten/Kota juga relatif tidak ada masalah, ,” urai Parisman.

Parisman menambahkan, selama kepemimpinan Agung, masyarakat Riau merasa nyaman. Hampir 2 tahun ini kita tidak mengalami bencana asap. Padahal, ini sudah menjadi bencana Nasional selama puluhan tahun.

” Salah satu keberhasilan Agung adalah menciptakan Dasboard lancang kuning, sebagai alat deteksi titik api, sehingga jika ada kebakaran dengan cepat akan bisa diatasi,” kata Parisman.

Deretan prestasi itu kata Parisman menjadi bukti bahwa Kapolda kita ini bukan orang sembarangan. Dia melek IT, selain itu dia juga sosok jenderal Konseptor.

Dunia kejahatan saat ini makin canggih. Termasuk kejahatan Perbankan, dan lain-lain sudah menggunakan perangkat teknologi dan system digital, sehingga makin sulit untuk di ungkap. ” Maka Polri sangat membutuhkan skill seperti yang di miliki oleh Irjen Pol Agung,” urainya.

Bahkan sisi lain dari kepribadian Agung pun, diungkapkannya. Misalnya, kata Parisman, Irjend Agung katanya sangat terbuka kepada semua pihak dengan gaya kepemimpinan yang humanis. Selain itu, kaya pengalaman di reserse selama berkarir di Polisi.

Diketahui, Irjen Pol Agung pernah menjabat Deputi Siber Badan Intelijen Negara (BIN) dan pernah dianugerahi penghargaan dari Pemerintah Amerika Serikat. Penghargaan kepadanya diberikan langsung oleh Wakil Direktur Biro Investigasi Federal (FBI) David L Bowdich pada Juli 2019 lalu.

Kabarnya apresiasi itu diberikan FBI atas jasanya dalam penyelidikan dan penyidikan kasus Kapal Equanimity. Kasus itu ditanganinya ketika dia menjabat Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri pada 2016 silam.

“Beliau kan sudah mumpuni di bidang reserse, tidak perlu diragukan lagi. Agung sangat luar biasa menurut kami, sosok yang pas untuk berdampingan dengan Kapolri baru, Listyo Sigit Prabowo,” sebutnya.

“Saya punya keyakinan atas apa yang saya katakan, makanya saya berharap kepada Kompolnas, dan rekan-rekan di komisi III DPR RI agar objektif dalam mengangkat pejabat Kabareskrim Polri, dan kami dari DPRD Riau sangat mendukung dan berharap, agar pak Agung yang kaya akan prestasi ini bisa ditempatkan di posisi yang tepat, ” pungkasnya.***

Pos terkait